Selain Messi, Inilah Pesepakbola Lain yang Kena Kasus Pajak

 
Bintang Barcelona Lionel Messi baru-baru ini dikabarkan mengemplang pajak di negara Spanyol. Ia dilaporkan oleh otoritas pajak Spanyol ke pengadilan wilayah Gava, Catalan.

Pemain internasional Argentina itu beserta ayahnya dituduh menyembunyikan sebagian pendapatan mereka sejak 2006 hingga 2009. Uang penghasilan Messi dialirkan ke negara bebas pajak (tax haven, diperkirakan Uruguay dan Belize) untuk menghindari pajak besar di Spanyol.

Namun apakah La Pulga satu-satunya pemain sepakbola yang penah terkena kasus pajak? Ternyata ada beberapa pesepakbola lainnya yang harus merasakan nasib seperti Messi.

Berikut kami sajikan beberapa pemain sepakbola profesional yang dituduh menggelapkan pajak.

1. Maradona
 
Pada 2005 silam, legenda sepakbola Argentina Diego Maradona diperintahkan pengadilan Italia untuk membayar senilai 37 juta euro yang belum ia bayar sewaktu ia membela Napoli. Maradona melakukan banding dan pada Februari lalu kasus ini dibatalkan dan akan dibuka penyelidikan lebih lanjut lagi.

2. Luis Figo
 
Pada tahun 2012, Luis Figo diharuskan membayar uang senilai 2.5 juta euro kepada otoritas pajak untuk mengganti pajak yang belum ia bayar dalam periode 1997 hingga 1999.

3. Samuel Eto’o
 
Samuel Eto'o juga pernah menjadi target otoritas pajak. Pada 2012 lalu, pengadilan Barcelona menerima komplain yang ditujukan kepada pemain asal Kamerun tersebut. Ia diharuskan mengganti pajak senilai 3.5 juta euro yang belum ia bayar antara tahun 2006 hingga 2009.

4. Paolo Maldini
 
Legenda AC Milan Paolo Maldini juga pernah diadili bersama 42 orang lain termasuk istrinya untuk tuduhan korupsi dan menggunakan sistem pajak negara secara ilegal yang digunakan untuk meringankan beban pajak yang diterima melalui bisnis real estate yang di mana Maldini menjadi investor.

5. Clarence Seedoff
 
Sebuah restoran yang dimiliki Clarence Seedorf dicurigai belum membayar pajak pada Juli tahun lalu. Dalam pemeriksaan yang dilakukan, ditemukan bahwa pajak yang belum dibayar berjumlah 10 kali pembayaran dengan setiap pembayaran berjumlah 2.500 euro.

6. Mexico
 
Pada 2011 lalu, 25 pemain sepakbola profesional dari beberapa klub di Liga Meksiko didakwa melakukan penggelapan pajak. Minggu lalu, pihak berwenang melaporkan bahwa 80 persen dari 25 pemain tersebut telah bebas dari tuduhan.

Tidak ada komentar: