Pertama Kalinya Barcelona Kalah Ball Possesion Sejak 2008


Pertama Kalinya Barcelona Kalah Ball Possession Sejak 2008

Sejak pertengahan dekade lalu, permainan Barcelona selalu identik dengan ball possession. Memiliki penguasaan bola lebih banyak dari lawan seolah sudah merupakan hal yang pasti bagi Barca, terlepas dari apaun hasil akhir pertandingannya.

Namun fakta mengejutkan mengemuka usai laga Blaugrana melawan Rayo Vallecano 22 September 2013. Untuk pertama kalinya dalam lima tahun, Barcelona kalah penguasaan bola dari lawannya!

Berdasarkan data yang dihimpun dari Whoscored, penguasaan bola Rayo mencapai 55% berbanding 45% milik Barca. Pertandingan ini sendiri dimenangkan oleh Lionel Messi dan kawan-kawan dengan skor 4-0.
Data pertandingan Rayo vs Barca (klik untuk memperbesar (c) Whoscored


Berdasarkan catatan Goal International, terakhir kali Barca kalah ball possession adalah pada tanggal 7 Mei 2008, saat mereka kalah 1-4 melawan Real Madrid. Dalam bentang waktu lima tahun tersebut, Barcelona telah melakoni 317 pertandingan kompetitif dan selalu berhasil mendominasi penguasaan bola dari lawannya.

Tidak hanya penguasaan bola, tapi dari segi kualitas umpan juga Barca dikalahkan oleh Rayo. Tim tuan rumah membuat 344 umpan dengan akurasi mencapai 81% berbanding dengan 263 umpan dengan akurasi 76% milik Barca.

Salah satu faktor yang disinyalir menjadi penyebab fenomena ini adalah tidak dipasangnya dua maestro umpan mereka sejak awal, Andres Iniesta dan Sergi Busquets. Iniesta baru bermain di 15 menit terakhir pertandingan, sedangkan Busquets memang tidak dibawa dalam lawatan ke kandang Rayo.

Apakah ini merupakan salah satu tanda perubahan yang dibawa oleh entrenador anyar mereka, Gerardo Martino?

Tidak ada komentar: